Article

Serupa Tapi Tak Sama, Apa Perbedaan Face Wash dan Face Scrub?

Mencuci wajah merupakan ritual yang wajib kamu lakukan demi menjaga kulit supaya tetap sehat. Disarankan untuk mencuci muka maksimal dua kali setiap harinya. Nah, memilih jenis sabun untuk dipakai mencuci muka pun tidak boleh asal-asalan, lho. Semakin banyak pilihan sabun pencuci muka yang dapat kamu pergunakan. Akan tetapi, kamu harus paham betul mengenai kegunaan dan manfaatnya. Beberapa jenis sabun pencuci wajah memiliki fungsi yang tidak sama. Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah face scrub dan juga face wash. Kedua jenis sabun pencuci muka tersebut banyak dijual di pasaran. Akan tetapi facial wash dan facial scrub punya beberapa perbedaan. Apa Perbedaan face scrub dan face wash?

Apa itu Face Wash?

Facial wash atau face wash ini adalah produk skincare yang berfungsi untuk membersihkan kotoran dan juga minyak secara menyeluruh di kulit kamu. Produk satu ini adalah jenis sabun yang dipakai untuk membersihkan pada area wajah. Sabun yang biasa kamu pakai untuk mandi punya bahan terlalu keras apabila dipergunakan pada kulit muka Oleh sebab itu, hadirlah face wash ini. Face wash ini bersifat hampir sama seperti sabun mandi, akan tetapi punya kandungan tertentu yang diformulasikan secara khusus untuk kulit wajah.

Fungsi facial wash ini yakni untuk membantu membersihkan kotoran. Sehingga tidak menyebabkan penyumbatan pori-pori yang jadi biang keladi munculnya jerawat. Face wash yang bagus adalah pencuci wajah yang punya kandungan bahan alami tanpa mengandung paraben dan SLS yang dapat memicu timbulnya reaksi energi maupun kemerahan pada kulit wajah.

Selain itu, kandungan bahan alami yang baik dalam facial wash yaitu mampu membersihkan muka dari kotoran, debu, polusi, maupun kelebihan minyak pada kulit wajah. Jenis sabun wajah ini biasanya berupa gel, ringan, serta tidak menghasilkan busa banyak. Face wash aman dipakai bagi si pemilik kulit kering dan sensitif. Karena bersifat melembabkan, facial wash dapat memelihara kelembaban kulit serta mencegah iritasi di kulit yang sensitif.

Apa itu Face Scrub?

Jenis sabun cuci wajah kedua adalah face scrub. Sebetulnya, face scrub ini juga termasuk ke dalam facial wash, hanya saja memiliki kandungan yang berbeda di dalamnya. Jika face wash hanya sekedar sabun, face scrub punya butiran-butiran yang berperan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga face scrub lebih mengoptimalkan proses pembersihan wajah. Biasanya, facial scrub diperuntukan bagi si pemilik kulit yang berminyak. Sementara itu, untuk kamu yang punya kulit sensitif tidak disarankan menggunakan facial scrub ini. Sebab, dikhawatirkan akan mengalami iritasi pada kulit. Microbeads yang bentuknya butiran kecil halus pada face scrub ini sangat efektif mengangkat sel kulit mati dengan efek eksfoliasinya. Pemakaian face scrub dapat membantu mencegah timbulnya jerawat, kulit kusam, serta permasalahan lain akibat sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Cara memakai face scrub yaitu dengan menggosokkan secara lembut scrub ke kulit wajah. Berbeda dengan face wash yang bisa kamu pakai 2 kali setiap harinya, facial scrub tidak disarankan dipakai tiap hari. Efek eksfoliasi dari face scrub ini dapat mengeringkan kulit serta menimbulkan iritasi apabila kamu kenakan setiap hari. Disarankan untuk memakai face scrub cukup 1-2 kali dalam seminggu agar kulit tetap terjaga dan tidak terjadi penumpukan sel kulit mati pada wajah.

Baca juga : https://skinkraft.com/blogs/articles/benefits-of-facial-scrubs

Gunakan selalu Placentor Ultra Exfoliant Cream yang lembut dan aman untuk segala jenis kulit. Produk ini bisa didapatkan di JPP Skin Laser Klinik. Selain itu, kamu juga bisa melakukan perawatan Aqua Derma Facial yang dirancang bertujuan untuk membantu membersihkan wajah lebih mendalam dan menyeluruh sehingga dapat memberikan tampilan kulit wajah yang cerah dan segar.

Baca juga : Aqua Derma Facial : Perawatan Facial Teknologi Canggih

Nah, itu perbedaan face wash dan face scrub. Untuk hasil yang maksimal, gunakan kedua produk kecantikan tersebut. Hal terpenting yaitu selalu pilih produk sesuai kebutuhan kulit serta memakainya berdasarkan anjuran aturan penggunaannya.