Article

Ritual Perawatan Sebelum Tidur

Melakukan perawatan wajah sebelum tidur bisa memberikan banyak manfaat untuk kecantikan, seperti memperbaiki kerusakan sel-sel kulit, menjaga kelembapan, dan mencegah tanda-tanda penuaan. Selama tidur, kulit akan melakukan proses regenerasi untuk memperbaiki sel-sel kulit. Puncak regenerasi kulit tersebut biasanya terjadi antara jam 10 sampai jam 12 malam, di mana sel-sel kulit berganti dua kali lebih banyak di banding siang hari.

Selain itu, kulit wajah kehilangan 25% air saat tidur. Tidak minum dalam jangka waktu yang cukup lama (6-8 jam) dan tidur dalam ruangan ber-AC membuat asupan air dalam tubuh berkurang. Sehingga sel kulit pun menjadi kering dan berkurang elastisitasnya. Oleh karena itu, merawat kulit sebelum tidur sangat dibutuhkan untuk menjaga kelembaban kulit sepanjang malam.

Baca juga : https://juicychemistry.com/blogs/skincare-blog/importance-and-benefits-of-night-skin-care-routine

Berikut langkah-langkah perawatan di malam hari yang bisa kamu coba:

1. Membersihkan Make-up

Hal pertama yang perlu kamu lakukan dalam perawatan wajah di malam hari adalah membersihkan make up pada wajah. Ini penting agar riasan wajah yang sudah bercampur dengan keringat, minyak dan kotoran tidak menyumbat pori-pori tersumbat dan menyebabkan masalah kulit wajah seperti jerawat dan iritasi. Kamu bisa menggunakan pembersih make up yang sesuai dengan jenis kulit kamu.
Oil cleanser atau pembersih make up berbasis minyak bisa kamu gunakan untuk menghapus riasan, seperti BB cream, foundation atau concealer. Namun, apabila kamu tidak menggunakan produk-produk tersebut, cukup bersihkan wajah dengan cleanser berbasis air.

2. Cuci Muka

Walaupun kamu sudah membersihkan wajah dengan cleanser dan mengeksfoliasi kulit, cuci muka merupakan perawatan wajah secara alami sebelum tidur yang tidak boleh kamu lewatkan. Sebaiknya bilas dulu wajah dengan menggunakan air hangat agar pori-pori kulit terbuka. Setelah itu, bersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit agar kotoran dan debu penyebab kulit kusam hilang.

3. Toner

Toner penting untuk membantu mengembalikan kadar pH alami kulit kamu. Dengan pH alami, kulit akan lebih tahan terhadap bakteri dan mikroorganisme lainnya. Penggunaan toner juga sekaligus membersihkan kalau saja masih ada kotoran atau sisa sabun pembersih yang masih menempel di kulit. Pilihlah toner sesuai jenis kulit Anda. Untuk pemakaiannya cukup mudah, tuangkan sedikit toner di atas kapas, kemudian usap lembut di wajah dan leher Anda.

4. Sleeping mask

Belajar dari para perempuan di Korea yang terkenal memiliki wajah mulus dan cerah. Salah satu ritual perawatan wajah secara alami sebelum tidur yang sering mereka lakukan adalah menggunakan sleeping mask. Ini adalah masker yang bisa dibawa tidur tanpa perlu membilasnya. Teksturnya seperti krim namun lebih pekat. Sleeping mask berfungsi menjaga kulit tetap terhidrasi selama tidur, sehingga kamu bisa mendapatkan kulit kenyal dan lembap keesokan paginya.

5. Serum wajah

Selain menggunakan sleeping mask, kamu juga bisa mengoleskan serum wajah. Produk ini mengandung sejumlah bahan-bahan bermanfaat untuk wajah, mulai dari vitamin hingga antioksidan. Kandungan-kandungan tersebut khusus untuk mengatasi permasalahan kulit tertentu, seperti meremajakan kulit, mencerahkan, mengatasi noda hitam dan rona wajah yang tidak merata. Pilih serum wajah yang sesuai dengan kondisi kulit kamu.

6. Pelembap wajah

Menggunakan pelembap wajah juga menjadi perawatan wajah secara alami sebelum tidur yang wajib kamu lakukan. Oleskan pelembap wajah secara merata ke seluruh wajah dan leher sambil memijatnya dengan lembut. Pilihlah produk yang mengandung antioksidan, peptida, vitamin A, dan C untuk membantu memperbaiki kerusakan kulit yang terjadi di siang hari.

Baca juga : Urutan Skincare Untuk Pemula

Itulah perawatan kulit yang bisa kamu lakukan sebelum tidur di malam hari untuk menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Temukan perawatan lainnya sesuai dengan masalah kulit kamu hanya di JPP Skin Laser Klinik.