Article

Urutan Skincare Untuk Pemula

Sebelum mengaplikasikan skincare secara rutin, ada beberapa hal yang perlu diketahui terlebih dahulu, antara lain :

– Kenali jenis kulit dan permasalahannya

Sebelum mulai mengaplikasikan skin care secara rutin, maka Anda harus sudah mengenal jenis kulit yang dimiliki. Hal ini akan membantu memudahkan pemilihan produk yang akan digunakan. Pasalnya, setiap orang memiliki jenis dan permasalahan kulit yang berbeda pula.

Oleh sebab itu, skin care yang dibutuhkan juga berbeda. Misalnya jika Anda memiliki kulit kering, sudah pasti harus memilih produk yang mengandung moisturizer tinggi. Sedangkan apabila kulit Anda berminyak, tentunya perlu menggunakan produk yang bisa menetralisir minyak berlebih. Secara umum kulit diklasifikasikan menjadi 4 jenis, yaitu kulit kering, berminyak, sensitif dan kombinasi

– Penuhi basic skin care (sabun cuci muka, pelembab dan sunscreen)

– Tambahan produk sesuai masalah kulit

– Konsisten

Berikut adalah urutan skincare rutin untuk pemula yang perlu anda ketahui :
skincare

1. Cleanser

Cleansing menjadi langkah awal dalam rangkaian perawatan kulit wajah karena bertujuan untuk membersihkan muka terlebih dahulu dari debu atau produk make up. Sebaiknya melakukan double cleansing, terutama bagi anda yang sering memakai produk make up setiap hari. Hal ini bertujuan untuk mencegah sisa kotoran tertinggal di muka. Salah satu jenis cleanser yang paling sering digunakan yaitu micellar water. Jenis cleanser ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Setelah memakai cleanser, selanjutnya bisa memakai sabun cuci muka

2. Toner

Penggunaan toner dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit yang hilang saat mencuci wajah. Toner juga bisa membuat kulit wajah kembali ke kondisi asam alami.

3. Serum

Serum berfungsi untuk membantu mengatasi masalah kulit pada wajah. Bagi yang memiliki masalah kerutan dan noda hitam, bisa memilih serum dengan kandungan vitamin C, retinol, atau peptides. Sedangkan untuk masalah kulit kering, dapat menggunakan serum yang mengandung hyalorunic acid untuk melembabkan.

4. Moisturizer (pelembab)

Pelembab wajah fungsinya untuk melembapkan wajah dan mencegah kerutan halus timbul di sekitar wajah. Bagi pemilik kulit wajah kering, pilihlah pelembap dengan tekstur krim. Sedangkan pelembab bertekstur cair atau gel cocok digunakan oleh tipe kulit berminyak.

5. Sunscreen

Urutan skincare pagi yang terpenting adalah penggunaan sunscreen. Dalam American Academy of Dermatology Association, minumum SPF yang disarankan adalah 30 SPF. Sebaiknya digunakan setiap hari ketika ada aktivitas ke luar rumah. Namun, meski anda lebih sering beraktivitas di rumah, penggunaan sunscreen tetap dianjurkan ya. Hal ini dikarenakan paparan sinar UV juga bisa menembus kaca-kaca rumah. Setelah menggunakan suncreen sebagai urutan skincare pagi yang terakhir, anda bisa melanjutkan memakai riasan wajah yang diinginkan.

Sedangkan urutan skincare untuk malam hari, sebagian besar sama. Yang membedakan adalah penggunaan suncreen yang hanya dipakai untuk pagi hari saja. Selain itu, setelah menggunakan pelembab anda bisa memakai lip balm. Seringkali kita melupakan tahap ini karena menganggapnya bukan bagian dari skincare. Padahal memakai lip balm sebelum tidur mampu mencegah bibir kering. Dengan begitu, bibir jadi lebih sehat dan lembab di pagi hari.

Terakhir, sebagai tambahan anda bisa memakai masker wajah sebagai tahapan skincare malam untuk hasil yang optimal. Penggunaan masker wajah ini dipercaya dapat membantu meningkatkan penyerapan rangkaian produk yang digunakan sebelumnya. Meski begitu, jangan biarkan masker wajah menempel semalaman di muka ya. Pakai sesuai petunjuk kemasan yakni sekitar 10-20 menit. Masker wajah sebaiknya cukup digunakan 1-2 kali seminggu.

Dengan melakukan skincare rutin sesuai urutan di atas, anda bisa mendapatkan kulit cantik terawat. Sesuaikan produk skincare dengan kondisi kulit anda. Saat ini, sudah banyak produk skincare yang bisa ditemukan dalam berbagai merek dalam negeri, maupun luar negeri. Untuk apapun kondisi kulit anda, anda bisa mencoba produk skincare dari placentor yang ada di JPP Skin Laser Klinik. Placentor adalah produk fitodermatologi yaitu produk skincare yang berasal dari tanaman yang sudah banyak digunakan oleh dermatologis dan dunia kedokteran. Produk yang berasal dari Perancis ini telah terbukti efektif dan aman untuk kulit, meski kulit sensitif sekalipun.

Yuk, rawat kulit anda dengan mencoba langkah-langkah skincare di atas.

Journey With JPP

Konsultasikan masalah Anda dengan Dokter