Article

3 Cara Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen merupakan protein alami yang jumlahnya melimpah dan dapat ditemukan di berbagai organ tubuh, mulai dari kulit, tulang, tendon, otot, hingga ligamen. Pada kulit, kolagen berperan penting dalam merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang sehat sehingga ada banyak manfaat kolagen untuk wajah yang bisa diperoleh.

Sayangnya, produksi kolagen bisa menurun karena berbagai faktor. Menurunnya jumlah kolagen paling terlihat di area kulit wajah sehingga sering kali mengurangi rasa percaya diri. Namun, sebelum mengetahui bagaimana cara meningkatkan produksi kolagen pada wajah, kamu harus tahu apa saja manfaat kolagen untuk wajah?

Manfaat Kolagen

Selain diproduksi oleh tubuh, kolagen juga bisa diperoleh dari konsumsi suplemen kolagen atau makanan tinggi protein. Anda juga bisa menggunakan berbagai perawatan kulit yang mengandung kolagen, khususnya untuk kulit wajah.
Manfaat kolagen untuk wajah memang beragam. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Meningkatkan Kelembapan dan Elastisitas Kulit

Seiring bertambahnya usia, adanya penurunan pada jumlah kolagen yang membuat kulit kendur dan kering. Dengan menambahkan kolagen pada rutinitas perawatan kulit, elastisitas pada kulit dapat meningkat dan karena kandungan peptida kolagen dapat mencegah kekenduran dan peregangan secara permanen.

2. Menyamarkan kerutan

Berkat kemampuannya dalam meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit, kolagen juga bermanfaat untuk mencegah terbentuknya kerutan lebih dini atau menyamarkan kerutan di wajah.

3. Menghaluskan kulit

Kolagen dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap halus. Manfaat kolagen untuk wajah ini diperoleh karena kolagen berperan dalam menjaga struktur kulit dan merangsang produksi sel kulit baru, sehingga kulit menjadi lebih halus dan lembut.

Baca juga : https://www.healthline.com/nutrition/collagen-benefits#collagen

Cara Meningkatkan Produksi Kolagen

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan agar produksi kolagen tetap terjaga dan kamu pun tetap terlihat awet muda, antara lain:

  • Mengonsumsi makanan berkolagen

Kolagen tersusun dari asam amino. Oleh karena itu, untuk menjaga dan meningkatkan produksi kolagen, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan kaya akan protein guna memasok asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan kolagen.
Pilihan makanan yang mengandung asam amino sangat beragam, seperti susu, daging, telur, dan makanan laut. Selain asam amino, produksi kolagen juga dapat ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan mengandung vitamin C, seperti jeruk, lemon, mangga, dan tomat.

  • Gunakan Hyaluronic Acid

Menggunakan hyaluronic acid merupakan salah satu cara membuat kolagen alami dalam tubuh. Biasanya kandungan ini tersedia dalam bentuk krim, salep, suplemen, atau suntikan. Manfaat ini dapat dilihat dalam jurnal Scientific Reports yang mengatakan bahwa hyaluronic acid yang dikombinasikan dengan polinukleotida murni membantu meningkatkan jumlah dan kualitas kolagen pada kulit sehingga meningkatkan elastisitasnya.

  • Perawatan Wajah

Ada beberapa perawatan wajah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kolagen yang tersedia di JPP Klinik, seperti Laser and Light, Suntikan DNA Salmon maupun HIFU. Untuk info lebih lengkapnya, silahkan konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui perawatan yang tepat sesuai kebutuhan kamu.

Baca juga : Lagi ngetren, apa sih manfaat DNA Salom untuk kulit?