Article

Wajah Tirus dan Kencang dengan HIFU

HIFU atau high-intensity focused ultrasound adalah salah satu prosedur perawatan kulit wajah yang sedang populer saat ini. HIFU bekerja dengan cara meningkatkan pembentukan kolagen pada kulit sehingga kulit wajah tetap sehat, kencang, dan terlihat tirus.

Pada awalnya, HIFU lebih dikenal sebagai salah satu pengobatan untuk tumor karena gelombang ultrasoniknya yang dapat membunuh sel-sel kanker. Namun, kini HIFU juga bisa dimanfaatkan sebagai prosedur kecantikan yang fungsinya serupa dengan facelift. Bedanya, HIFU bersifat noninvasif sehingga tidak menimbulkan rasa sakit.

Manfaat HIFU

Dibandingkan dengan prosedur lainnya, HIFU memiliki beberapa keunggulan. Dari segi efisiensi waktu, prosedur ini tidak memerlukan waktu pemulihan. Orang yang menjalani HIFU juga tidak perlu mematuhi pantangan tertentu. Ditambah lagi, HIFU terbilang murah jika dibandingkan dengan facelift.

Ada beberapa manfaat HIFU, antara lain :

  • – Meningkatkan produksi kolagen
  • – Mengurangi kerutan pada wajah
  • – Mengencangkan kulit kendur
  • – Mempertegas garis rahang dan pipi
  • – Hasil perawatan lebih alami

Meski memiliki banyak manfaat, tidak semua orang cocok dengan HIFU treatment. Prosedur ini lebih disarankan untuk usia 30-an, karena HIFU lebih efektif jika dilakukan pada tingkat kekenduran kulit yang ringan hingga sedang. Kulit yang terlalu kendur dan keriput mungkin akan memerlukan beberapa kali tindakan HIFU dan tambahan perawatan lainnya sebelum benar-benar menampakkan hasil.

Baca juga : https://www.healthline.com/health/hifu-for-face

Prosedur HIFU

Pasien akan diberikan gel untuk mengurangi rasa sakit. Setiap sesi biasanya berlangsung selama 30-90 menit. Sebagian besar pasien mengatakan rasa sakit yang terjadi bisa ditolerir dengan baik. Segera setelah tindakan dilakukan, pasien juga dapat langsung melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasa.

HIFU akan mengeluarkan gelombang ultrasound yang ditargetkan pada lapisan kulit dalam yang akan menstimulasi kolagen sehingga kulit akan lebih kencang, elastis, dan kenyal. Selain itu, energi panas yang dihasilkan dapat mengurangi lemak di bawah kulit, sehingga dapat mempertegas garis rahang dan pipi.

Efek samping HIFU

Perawatan ini tergolong aman dengan catatan mesti dilakukan oleh yang ahli profesional di bidangnya. Dibandingkan dengan perawatan kulit lainnya, tidak banyak efek samping dari HIFU. Beberapa orang mengalami kemerahan dan pembengkakan ringan, mati rasa dengan sensasi seperti kesetrum pada kulit, atau kesemutan ringan di area perawatan. Namun, masalah tersebut tidak menimbulkan komplikasi yang lebih serius dan dapat menghilang dalam beberapa hari.

Perlu diingat, Anda juga mesti tahu bahwa hasil yang didapatkan dari perawatan kulit ini tidak permanen dan hanya bertahan selama beberapa bulan. Biasanya, hasil perawatan akan terlihat setelah 1-3 kali. Lalu untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal disarankan untuk melakukan perawatan kembali selama 3 bulan kedepan.

Baca juga : Viral di TikTok, Apa Itu Okronosis?