Article

Laser Hair Removal Vs Waxing : Mana Lebih Baik?

Bagi beberapa wanita, keberadaan bulu-bulu halus pada tubuh seringkali dianggap mengganggu sekaligus dapat menurunkan rasa percaya diri. Untungnya, masalah ini bisa diatasi secara mudah dengan tersedianya berbagai macam metode penghilang bulu. Ada yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah seperti waxing. Ada pula yang membutuhkan penanganan dari ahlinya, seperti laser hair removal. Dari setiap metode yang tersedia, tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masih. Nah, kalau masih bingung mau pilih metode penghilang bulu yang mana, cari tahu kelebihan dan kekurangannya dulu, yuk!

Waxing

Waxing merupakan salah satu metode penghilang rambut yang menurut banyak wanita, paling menimbulkan rasa sakit. Hal ini dikarenakan secara teknik, bulu pada tubuh memang dicabut dengan menggunakan lilin panas yang dioleskan pada area tertentu. Lilin yang masih panas diaplikasikan langsung pada kulit, dibiarkan sedikit dingin, lalu ditarik ke arah yang berlawanan dengan pertumbuhan rambut. Bulu-bulu yang terkena olesan lilin pun akan otomatis tercabut bersama dengan lilin. Proses waxing ini dapat dilakukan sendiri di rumah atau di salon kecantikan.

Sayangnya, metode ini tidak dianjurkan untuk mereka yang tidak bisa menahan rasa sakit. Proses saat lilin ditarik bisa dibilang cukup menyakitkan meski hanya sebentar. Waxing bisa dianggap sebagai teknik menghilangkan bulu dari akar yang efektif dan membuat kulit terasa halus setelahnya. Teknik ini mampu menahan pertumbuhan rambut sekitar 2-3 minggu.

Laser Hair Removal

Baca juga : https://link.springer.com/article/10.2165/00128071-200203020-00004

Metode penghilang bulu menggunakan alat laser pada dasarnya bekerja8 dengan cara mentransmisikan energi pada sinar laser langsung pada pigmen dari folikel rambut. Sinar laser ini kemudian akan menghancurkan folikel rambut dan menghambat pertumbuhan rambut.

Laser merupakan teknik menghilangkan bulu paling efektif karena prosesnya cepat dan hasilnya tahan lama. Walaupun tidak menghilangkan bulu secara permanen, tapi dengan menggunakan laser, bulu akan tumbuh lebih lama dan lebih tipis. Selain itu, teknik ini juga tidak akan menyebabkan kerusakan pada dermis dan kulit jadi lebih lembut dibandingkan dengan waxing.

Namun jangan kaget jika harganya pun akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan waxing ya, karena hasil yang didapat akan sepadan dengan biaya yang dikeluarkan.
Kamu dapat mencoba Laser Hair Removal di JPP Klinik yang ada di kota kamu.

Prosedur treatment Laser Hair Removal ini tidak menyita banyak waktumu karena terbilang cepat, tetapi jauh lebih efektif dibandingkan proses waxing yang konvensional umumnya.

Baca juga : 3 Cara Mengatasi Ketiak Hitam