Article

Kesalahan Menggunakan Skincare

Skincare routine atau rutinitas skincare adalah aktivitas pengaplikasian skincare yang rutin dilakukan untuk merawat kulit wajah yang sehat dan glowing. Namun, ada kalanya rutinitas skincare yang kamu jalani ternyata tidak bekerja secara maksimal pada kulitmu. Nah, siapa tahu kamu ternyata melakukan beberapa kesalahan yang seharusnya dihindari dalam memakai skincare. Memangnya, apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan?

Cuci muka terlalu sering

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa semakin sering kita cuci muka, maka semakin kecil kemungkinan jerawat muncul. Nyatanya, terlalu sering cuci muka termasuk kesalahan menggunakan skincare yang sering kali dilakukan banyak orang. Cuci muka terlalu sering justru dapat memperparah kondisi kulit kamu, terlebih lagi jika kulit kamu sedang berjerawat.

Hal ini dikarenakan kulit akan kehilangan minyak alami yang dibutuhkan agar kulit tetap lembap. Hasilnya, kulit menjadi terlalu kering, kemerahan, bahkan mengelupas. Jadi, sebaiknya tidak mencuci muka lebih dari 2 kali sehari. Membersihkan wajah di pagi dan malam hari sudah cukup untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel.

Memilih produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit

Semakin banyaknya rangkaian produk skincare yang ada saat ini memang terkadang menggoda kita untuk membeli dan mencobanya. Namun, tunggu dulu. Apakah kamu yakin sudah memilih produk yang cocok dengan jenis kulit kamu? Jangan karena produk skincare tersebut sudah di-review oleh beauty vlogger terkenal, atau sedang naik daun di media sosial, kamu langsung membelinya tanpa melihat apakah produk tersebut sesuai untuk kondisi kulit kamu. Sangat penting untuk memilih skincare yang sesuai dengan tipe kulit, karena jika tidak, maka akan berefek pada kulit seperti iritasi atau gatal-gatal.

Baca juga : Mengenali Jenis Kulit Wajah Kita

Mengeksfoliasi kulit secara berlebihan

Eksfoliasi kulit biasanya dilakukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati, sehingga kulit terlihat lebih cerah dan sehat. Akan tetapi, harus berhati-hati, terutama jika menggunakan eksfoliator jenis scrub. Pastikan untuk tidak menggosok wajah terlalu lama atau keras. Melakukannya terlalu keras, justru berisiko melukai kulit serta pembuluh darah di bawahnya. Selain itu, mengeksfoliasi kulit terlalu sering juga termasuk kesalahan saat memakai skincare yang sering dijumpai. Hal tersebut justru dapat menimbulkan iritasi, kemerahan, bahkan peradangan pada kulit. Idealnya, cukup melakukan proses ini sebanyak 1-2 kali seminggu. Yang tidak kalah penting, gosoklah kulit secara lembut dan perlahan.

Menggunakan produk dengan jumlah berlebih

Kesalahan terakhir yang banyak orang tidak sadar adalah ketika memakai produk dalam jumlah terlalu banyak pada kulit. Jika kamu berpikir dengan cara ini produk akan bekerja dengan cepat dan maksimal, kamu salah. Justru dengan cara ini, kamu menyia-nyiakan produk karena tidak akan berguna. Jika kamu ingin produk bekerja dengan baik, maka kamu harus memerhatikan takaran penggunaan yang tepat. Saat menggunakan toner atau serum, pakailah 2-3 tetes saja. Dan ketika memakai sunscreen, pakai sebanyak 2 ruas jari

Keseringan mengganti skincare

Selain tidak cocok dengan wajah, gonta-ganti skin care bisa membuat wajah bekerja dua kali lipat untuk beradaptasi pada produk baru tersebut. Pasalnya, gonta ganti skincare akan membuat kulit wajah tidak cocok dengan produk tersebut.

Tidak membersihkan muka dengan benar

Meski terlihat sepele, membersihkan muka sebelum memakai skin care atau make up adalah langkah awal yang sangat penting. Oleh karena itu, lakukan double cleansing atau membersihkan muka sebanyak dua kali. Pertama, gunakan pembersih wajah dengan bahan dasar minyak agar meluruhkan sisa-sisa make up yang menempel di wajah. Langkah kedua ialah mencuci dengan sabun muka.

Tips agar skincare bekerja secara maksimal

Agar skincare bekerja secara maksimal dan membuat kulit tampak sehat, lembap, dan halus, simak beberapa tipsnya berikut ini :

  1. 1. Gunakan produk skincare yang sesuai dengan jenis kulit dengan takaran yang wajar
  2. 2. Aplikasikan skincare mulai dari yang paling cair hingga paling kental
  3. 3. Eksfoliasi kulit wajah sebanyak satu sampai dua kali dalam seminggu
  4. 4. Jangan lupa gunakan sunscreen
  5. 5. Lakukan ritual skincare sesuai dengan urutan yang benar, baik di pagi maupun malam hari
  6. 6. Memeriksa kandungan bahan yang terdapat pada produk skincare
  7. 7. Rutin perawatan di JPP Klinik
  8. 8. Memilih produk skincare yang terbuat dari bahan alami, salah satunya adalah dengan menggunakan produk placentor yang tersedia di JPP Klinik.

Baca juga : https://www.health.com/skincare-routine-order-7507961