Article

Kenali Tipe Kerutan Tanda Penuaan

kerutan

Keriput atau kerutan adalah salah satu bagian dari proses penuaan yang akan terjadi pada setiap orang. Kondisi ini terjadi secara alami seiring dengan bertambahnya usia yang membuat kulit menjadi lebih tipis dan elastisitasnya menurun, namun penuaan dini sebelum waktunya juga bisa terjadi. Ada 2 faktor penyebab timbulnya kerutan, yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik adalah genetik, usia, dan hormon. Sedangkan faktor ekstrinsik mencakup paparan sinar matahari, pola hidup, polusi, konsumsi makanan manis dan alkohol, posisi tidur serta kontraksi otot wajah.

Baca juga : https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/wrinkles

Tipe Kerutan

1. Nasolabial folds (smile line)

Garis berlekuk di wajah yang membentang dari tepi hidung ke sudut luar mulut. Lipatan ini akan terlihat lebih jelas saat tersenyum sehingga lipatan ini sering disebut smile line.

2. Crow’s feet

Kerutan di sudut luar mata yang biasanya mucul ketika sedang tersenyum.

3. Bunny Lines

Kerutan disekitar hidung yang muncul saat kita mengernyitkan hidung.

4. Marionette lines

Kerutan di ujung sudut bibir hingga ke dagu. Adapun nama marionette ini berasal dari nama boneka marionette atau marionette puppet, yang jika kita perhatikan mulutnya terdapat garis di area yang sama.

5. Forehead lines

Kerutan di daerah dahi yang muncul saat kita mengangkat alis. Semakin bertambahnya usia, kerutan ini akan membentuk garis yang semakin dalam, bahkan ketika kita tidak mengangkat alis kerutan ini sudah terlihat.

6. Vertikal lip lines

Kerutan di sekitar bibir akibat gerakan bibir perokok yang sudah menjadi kebiasaan saat merokok.

7. Glablellar frown

kerutan

Kerutan di tengah-tengah pangkal hidung, antara kedua alis. Kerutan ini muncul akibat sering mengernyitkan dahi seperti sedang berpikir.

Tips Mencegah dan Menanggulangi Kerutan

Meskipun kerutan tidak bisa dihindari sepenuhnya, namun setidaknya kamu bisa memperlambat kemunculan keriput pada wajah. Berikut adalah beberapa perawatan yang dapat dilakukan untuk mencegah kerutan :

  1. 1. Jangan lupa memakain suncreen
    Faktanya, paparan sinar matahari dapat merusak kulit kamu dan menyebabkan penuaan dini serta munculnya kerutan. Karena itu, penting sekali untuk mengaplikasikan sunscreen setiap hari terutama saat beraktivitas di luar rumah.
  2. 2. Gunakan pelembab kulit
    Pelembab berfungsi seperti minum air untuk wajah kamu. Menggunakan pelembab bisa menjaga kulit tetap sehat dan terhidrasi. Hal ini penting karena seiring pertambahan usia, kulit menjadi lebih mudah kering sehingga membuatnya lebih rentan terhadap kerutan.
  3. 3. Laser and Light Treatment
    Terapi laser bekerja dengan merangsang kolagen sehingga kulit mengalami regenerasi sel-sel kulit baru yang membuat wajah terlihat lebih cerah, sehat, dan kencang. Selain dapat menghilangkan kerutan-kerutan halus, laser juga dapat mengatasi masalah penuaan lainnya seperti hiperpigmentasi, atau jerawat.
  4. 4. Botox Treatment
    Suntik botox atau botulinum toxin bekerja dengan cara memblokir aktivitas saraf dan otot, sehingga otot kan melemah dan lumpuh sementara waktu. Inilah yang membuat keriput atau kerutan di kulit sekitar lokasi penyuntikan tampak berkurang atau bahkan hilang.

Baca juga : 5 Mitos Botox

Itulah beberapa jenis kerutan tanda penuaan. Bagi kamu yang masih tergolong usia muda, penting untuk menjaga kulit baik dengan baik melalui perawatan kulit yang tepat, untuk meminimalkan resiko kerutan di usia yang akan datang.

Journey With JPP

Konsultasikan masalah Anda dengan Dokter