Article

6 Cara Mudah dan Efektif Hilangkan Bibir Menghitam

Setiap orang pastinya ingin memiliki bibir sehat dan merona. Namun, perubahan warna bibir, seperti bibir menjadi hitam, terkadang tidak dapat kamu hindari. Meski begitu, kamu bisa mencoba beberapa cara menghilangkan bibir menghitam.

Ada beberapa kondisi yang bisa menjadi pemicu bibir hitam. Misalnya, keturunan atau genetik, kehamilan, perubahan hormon, iritasi maupun alergi terhadap produk kecantikan pada bibir. Selain itu, paparan sinar matahari terlalu lama, hingga kebiasaan buruk merokok juga menjadi penyebab bibir hitam. Sementara itu, pada beberapa kondisi yang jarang terjadi, bibir berubah warna seperti menghitam dapat terjadi karena penyakit atau kondisi medis tertentu. Misalnya, melasma atau kanker kulit melanoma pada bibir.

Cara Mengatasi Bibir Hitam

Tidak perlu minder kalau kamu punya bibir hitam. Kamu bisa melakukan beberapa cara menghilangkan bibir hitam berikut ini

1. Gunakan Lip Balm dengan SPF

Gunakan lip balm berkualitas baik yang mengandung bahan-bahan seperti shea butter, minyak almond, atau minyak jojoba. Oleskan secara rutin, terutama sebelum tidur dan setelah makan, untuk menjaga kelembaban bibir.

Tidak hanya menggunakan pelembab bibir saja, namun menggunakan lip balm ber-SPF mampu membantu mencegah hiperpigmentasi, tanda-tanda penuaan di kulit sekitar bibir, serta kerusakan akibat sinar matahari.

2. Hindari menjilat dan menggigit bibir

Cara menghilangkan bibir hitam selanjutnya adalah menghindari kebiasaan menjilat dan menggigit bibir. Sebab, kebiasaan menjilat dan menggigit bibir dapat mengakibatkan bibir mudah kering, gatal, pecah, dan mengalami iritasi.

3. Menghentikan Kebiasaan Merokok

Merokok tidak hanya membuat keriput muncul pada sekitar wajah dan bibir, tetapi juga bisa membuat bibir terlihat hitam dan kering. Ini karena paparan nikotin berlebihan yang membuat tubuh menghasilkan melanin dalam jumlah yang lebih tinggi, termasuk pada area bibir.

4. Mengurangi Konsumsi Minuman Berkafein

Selain merokok, kebiasaan mengonsumsi minuman berkafein juga bisa menjadi penyebab bibir hitam. Itulah mengapa mengurangi konsumsi minuman berkafein, baik itu kopi ataupun teh, merupakan salah satu cara menghilangkan bibir hitam yang dinilai efektif.

Pastikan tubuh kamu terhidrasi dengan minum cukup air setiap hari. Pada dasarnya, kebutuhan cairan tiap orang berbeda. Namun, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes) merekomendasikan orang dewasa minum 2 liter/hari.

Baca juga : https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/579/tahukah-kamu-berapa-idealnya-jumlah-air-putih-yang-kita-minum-perhari

5. Perawatan Laser and Light

Laser bibir bekerja dengan menggunakan teknologi laser yang dapat merangsang pertumbuhan kolagen pada lapisan bibir, sehingga warna kulit bibir tampak lebih cerah. Perawatan menggunakan laser ini merupakan perawatan alternatif bagi mereka yang ini memperbaiki bentuk dan tekstur bibir tanpa menggunakan filler atau prosedur invasif lainnya. Prosesnya cepat, minum rasa sakit, dan memiliki waktu pemulihan yang singkat, sehingga menjadikannya pilihan populer untuk peremajaan bibir.

6. Scrubbing Bibir dan Eksfoliasi

Scrubbing bibir adalah proses mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan bibir dengan bantuan scrub bibir atau campuran bahan alami. Sedangkan eksfoliasi dapat membantu menjaga bibir tetap halus, merata, dan mencegah tumpukan kulit mati yang dapat membuat bibir terlihat kusam dan hitam.

Kamu dapat melakukan scrub bibir melalui perawatan Fire and Ice Facial yang ada di JPP Skin Laser Klinik. Tidak hanya wajah menjadi lebih glowing, bibir kamu juga akan menjadi lebih cerah dan lembab.